Minggu, 06 Maret 2016

CARA MENGGUNAKAN RUMUS DI MICROSOFT EXCEL


Keterangan:
1.      Untuk mengisi kolom JUMLAH, menggunakan rumus  =SUM (RANGE).
 Contoh : mencari jumlah nilai Yayuk
 - aktifkan sel G28 dan masukkan rumus, seperti :
  =SUM(C28:F28) kemudian tekan ENTER. Maka, akan dihasilkan jumlah nilai yang diperoleh oleh Yayuk.

2.      Untuk mengisi kolom RATA-RATA, menggunakan rumus =AVERAGE (RANGE).
Contoh : mencari rata-rata nilai Ayu Devi
- aktifkan sel H29 dan masukkan rumus, seperti :
=AVERAGE (C29:F29) kemudian tekan ENTER. Maka, akan dihasilkan rata-rata nilai yang diperoleh oleh Ayu Devi.

3.      Untuk mengisi kolom KETERANGAN, menggunakan rumus =IF(RANGE>=85; “LULUS”; “GAGAL”). 85 untuk nilai KKM yang digunakan sebagai pengukur penilaian .
Contoh : mencari keterangan Nita
- aktifkan sel  I30 dan masukkan rumus, seperti:
=IF(H30>=85; “LULUS”; “GAGAL”) kemudian tekan ENTER. Maka, akan dihasilkan keterangan yang diperoleh oleh Nita.

4.      Untuk mengisi kolom NILAI TERTINGGI, menggunakan rumus =MAX(RANGE)
Contoh : mencari nilai tertinggi dari mata pelajaran IPA
- aktifkan sel F38 dan masukkan rumus, seperti:
=MAX(F28:F37) kemudian tekan ENTER. Maka, akan dihasilkan nilai tertinggi IPA pada kolom sel yang telah diaktifkan tadi.

5.      Untuk mengisi kolom NILAI TERENDAH, menggunakan rumus =MIN(RANGE)
Contoh : mencari nilai terendah dari mata pelajaran Matematika
- aktifkan sel E39 dan masukkan rumus, seperti:
=MIN(E28:E37) kemudian tekan ENTER. Maka, akan dihasilkan nilai terendah Matematika pada kolom sel yang telah diaktifkan tadi.


0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates